Selasa, 09 November 2010

Belimbing Penghancur Kolesterol

Buah belimbing merupakan buah yang unik, karena di dalam buah belimbing terdapat berbagai macam rasa, manis dan asam campur jadi satu..wuih segerrr...menurut sejarah penyebarannya, buah belimbing berasal dari Malaysia dan sekarang sudah menyebar di daerah tropis di Asia dan dunia termasuk di Indonesia. Banyak manfaat yang terkandung di dalam buah belimbing. Buah belimbing bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.

Pada umumnya belimbing yang ada di masyarakat ada dua jenis utama, yaitu:
Pertama, Belimbing Manis atau Averrhoa Carambola bentuknya besar, kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Memiliki bentuk yang bergelombang mirip bintang dan bewarna kuning kehijauan. Tak heran banyak orang menyabutnya sebagai Star Fruits ( Buah Bintang ). Rasanay beraneka ragam , bila sudah masak, rasanya akan menjadi manis dengan sedikit rasa masam.

Jenis kedua adalah Avverhoa blimbi atau yang biasa disebut belimbing wuluh atau belimbing sayur. Kenapa dinamakan belimbing sayur ? Soalnya buah belimbing jenis ini kerap ditemukan pada masakan seperti sayur asam atau masakan padang. Bentuk buahnya jauh lebih kecil dari belimbing manis. Belimbing sayur umumnya berbentuk tak lebih dari jari-jari orang dewasa, berwarna hijau muda dan memiliki rasa yang asam namun menyegarkan.

Manfaat Belimbing
Rasa buah belimbing manis memang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah yang dalam bahasa Inggris disebut Buah Bintang ( Star Fruit ) ini sarat gizi. Kandungan vitamin A dan C yang dikandungnya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas , meningkatkan daya tahan tubuh.

Di dalam belimbing manis juga kaya pektin. Pektinnya mampu menjerat kolesterol , mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Dan seratnya bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Boleh dikata, buah ini adalah buah favorit para pediet yang ingin tetep langsing.

Buah belimbing matang yang terkenal dengan rasa manis ini berkhasiat untuk meredakan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorokan dan demam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker.
Bunga buah belimbing yang berwarna keunguan dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria.
Daunnya yang rimbun berkhasiat untuk mengobati sakit maag, melancarkan air seni, hipertensi dan penyakit bisul.

Bahkan akar tanaman belimbing dapat mengobati penyakit rematik. Manfaat yang bisa kita peroleh, selain untuk kesehatan, enak dikonsumsi sebagai buah segar dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan.

Jus Belimbing Penyegar Tubuh
Habis pulang kerja rasanya tubuh capek banget, apalagi kalau bete . Nah, biar seger cobain dech resep

Jus Belimbing Penyegar Tubuh.
Caranya :
- blender 2 buah belimbing berukuran besar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya bersama 100 ml sari buah jeruk manis, gula, es batu plus sedikit susu kental manis rasa apa saja, biar lebih mantab.
- blender seluruh bahan hingga halus dan sajikan saat hari panas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar