Selasa, 09 November 2010

Lima Manfaat Ajaib Lemon

Lima Manfaat Ajaib Lemon countryliving.com
LEMON bukan sekadar buah yang nikmat dijadikan minuman dingin dan segar. Buah bulat bewarna kuning cerah ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain, mulai dari mencerahkan pakaian sampai meringankan sakit tenggorokan.

Yuk, intip sejumlah manfaat tersembunyi dari buah ajaib tersebut.

Pencerah pakaian
Lupakan cairan pemutih, dan gunakan saja lemon untuk mengelantang pakaian. Caranya, tuangkan 1/4 sampai 1/2 cangkir jus lemon ke dalam mesin cuci untuk mencerahkan warna putih yang mulai mengusam.

Obat tenggorokan
Tenggorokan sakit memang menjengkelkan dan sungguh tak nyaman. Untuk mengatasinya, belah dua sebutir lemon. Tusuk setengah bagiannya dan panggang di atas api sedang pada kompor gas, sampai sampai kulit lemon berubah menjadi cokelat keemasan. Biarkan hingga agak dingin, lalu campurkan jusnya dengan satu sendok teh madu. Telan ramuan tersebut untuk meringankan sakit tenggorokan.

Penyegar buah
Buah apel atau pir yang sudah dikupas dan dibelah, sering berubah warna menjadi kecokelatan apabila dibiarkan terlalu lama. Agar buah tetap segar dan tidak berubah warna, peraskan sedikit air jeruk lemon di atasnya.

Dekorasi meja
Bebaskan kreativitas Anda dengan menyulap lemon menjadi dekorasi meja. Caranya, sediakan mangkuk kaca bening dan isi dengan beberapa butir lemon segar. Hasilnya, ruangan tampak lebih cerah dengan warna kuning yang menyegarkan mata.

Tempat tusuk gigi bekas
Sediakan sebutir jeruk lemon di atas meja makan, sebagai tempat menancapkan tusuk gigi bekas yang telah digunakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tusuk gigi-tusuk gigi bekas itu berceceran di sekitar meja makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar