Selasa, 09 November 2010

MAINAN EDUKATIF (HAND MADE) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak

BUKU KAIN: ANEKA SERANGGA

 Manfaat mainan:
Mainan edukatif dari bahan kain flanel dan busa lembut. Buku ini dapat menjadi media untuk bermain dan belajar. Buku kain ANEKA SERANGGA memperkenalkan kepada anak aneka jenis serangga di sekitar mereka. Mengajak anak untuk melihat, memegang dan meraba gambar-gambar lucu dari beberapa jenis serangga. Terbuat dari bahan yang aman dan lembut untuk anak-anak serta warna-warna yang cerah. Dapat dicuci jika kotor. Cocok untuk usia 1 - 3 tahun.



Cara Bermain:
1. Biarkan bayi/anak Anda bermain dan mengeksplorasi buku ini sekehendak hatinya. Warna-warna yang cerah pada buku ini biasanya membuat bayi Anda tertarik untuk memegangnya.
2. Setelah bayi/anak Anda sudah mulai mengenal baik buku ini, mulailah untuk menunjukkan nama-nama serangga yang ada dalam buku tersebut. Karena masih sangat kecil, mungkin butuh waktu yang cukup lama anak Anda mengenal betul-betul nama-nama serangga dalam buku ini.
3. Suatu waktu ujilah Anak dengan menyebut satu nama serangga dan meminta anak menunjukkan yang mana. Jika dilakukan berulang-ulang, suatu saat anak akan dengan tepat menunjuk nama serangga yang Anda sebut.
4. Yang jelas, selain sebagai media untuk pengenalan warna, juga melatih daya ingat, buku ini lebih menekankan pada konsep mainan yang aman, menarik, mengibur dan menyenangkan.


DADU ANGKA

Manfaat mainan:
Mainan edukatif dari bahan kain nelex dan flanel serta busa lembut. Melatih koordinasi mata-tangan anak dengan bermain melempar dan menangkap sambil belajar mengenal angka-angka. Terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak. Dapat dicuci jika kotor. Cocok untuk usia 1 - 4 tahun.


Cara Bermain:
1. Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, biarkan anak Anda memainkan mainan ini sesuka hatinya. Warna-warna yang cerah biasanya menarik perhatiannya. Tidak perlu khawatir kotor terkena makanan atau minumannya. Mainan ini dapat dicuci.
2. Untuk anak yang berusia 2 tahun ke atas permainan lempar tangkap dengan mainan ini bisa dilakukan. Hal ini untuk melatih koodinasi mata-tangan anak.
3. Mainan ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan angka-angka. Lemparkan dadu ke sembarang arah. Bagian yang ada di atas dan menunjukkan angka tertentu yang harus diucapkan oleh anak dengan suara yang keras. Tentu saja setelah sebelumnya Anda mengajarkan nama-nama angka tersebut.


DADU BUAH

Manfaat mainan:
Mainan edukatif dari bahan kain flanel dan busa lembut. Melatih koordinasi mata-tangan anak dengan bermain melempar dan menangkap sambil belajar bentuk buah-buahan. Terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak. Dapat dicuci jika kotor. Cocok untuk usia 1 - 4 tahun.



Cara Bermain:
1. Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, biarkan anak Anda memainkan mainan ini sesuka hatinya. Warna-warna yang cerah biasanya menarik perhatiannya. Tidak perlu khawatir kotor terkena makanan atau minumannya. Mainan ini dapat dicuci.
2. Untuk anak yang berusia 2 tahun ke atas permainan lempar tangkap dengan mainan ini bisa dilakukan. Hal ini untuk melatih koodinasi mata-tangan anak.
3. Mainan ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan bentuk-bentuk buah. Lemparkan dadu ke sembarang arah. Bagian yang ada di atas dan menunjukkan gambar buah tertentu harus diucapkan oleh anak dengan suara yang keras. Tentu saja setelah sebelumnya Anda mengajarkan nama-nama buah tersebut.


DADU BENTUK

Manfaat mainan:
Mainan edukatif dari bahan kain flanel dan busa lembut. Melatih koordinasi mata-tangan anak dengan bermain melempar dan menangkap sambil belajar bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, hati, bintang, dll. Terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak. Dapat dicuci jika kotor. Cocok untuk usia 1 - 4 tahun.



Cara Bermain:
1. Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, biarkan anak Anda memainkan mainan ini sesuka hatinya. Warna-warna yang cerah biasanya menarik perhatiannya. Tidak perlu khawatir kotor terkena makanan atau minumannya. Mainan ini dapat dicuci.
2. Untuk anak yang berusia 2 tahun ke atas permainan lempar tangkap dengan mainan ini bisa dilakukan. Hal ini untuk melatih koodinasi mata-tangan anak.
3. Mainan ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometri dasar. Lemparkan dadu ke sembarang arah. Bagian yang ada di atas dan menunjukkan gambar bentuk tertentu harus diucapkan oleh anak dengan suara yang keras. Tentu saja setelah sebelumnya Anda mengajarkan nama-nama bentuk tersebut.


PLAYBOARD IN THE FARM, PLAYBOARD IN THE GARDEN, PLAYBOARD IN THE SEA, PLAYBOARD IN THE CITY
Ukuran 29 x 21 cm


 Manfaat mainan:
Mainan edukatif dari bahan kain flanel. Mengajak anak untuk berkreasi meletakkan benda di tempat yang tepat sesuai kenginan anak. Mainan ini mengasah kreativitas dan daya imajinasi anak. Selain itu mainan ini juga membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa. Anak akan mengoceh tentang alasan kenapa benda ini diletakkan di sini atau di sebelah sana, apalagi jika dibantu stimulasi dari orangtua yang mendampingi. Setelah semua benda diletakkan di tempat yang tepat, mainan ini dapat digantung sebagai hiasan dinding. Cocok untuk usia 2 - 5 tahun.









Cara Bermain:
1. Mainan ini dimaksudkan untuk melatih kreativitas dan daya imajinasi anak. Untuk itu biarkan anak Anda berkreasi menempatkan potongan-potongan flanel pada tempat yang disediakan.
2. Pancinglah anak Anda untuk berkata-kata dengan bertanya kenapa potongan itu diletakkan di situ.
3. Jika sudah selesai bermain, mainan ini bisa digantung sebagai hiasan dinding.
4. Esok harinya, minta anak Anda untuk memindahkan potongan flanel ke tempat yang berbeda, demikian seterusnya hingga tiap hari berganti-ganti posisi gambar.


BANTAL CERITA

Manfaat mainan:
Digunakan sebagai media bagi orangtua untuk bercerita atau mendongeng. Bentuknya dibuat seperti bantal agar bisa digunakan di tempat tidur. Satu paket terdiri dari: Bantal dengan satu sisi berwarna kuning (untuk setting cerita siang) dan sisi lain berwarna abu-abu (untuk setting cerita malam), bentuk pohon, semak-semak, rumah, awan, matahari, bulan, bintang, serta 6 buah boneka jari karakter binatang. Jika selama ini orangtua hanya mendongeng dengan kata-kata saja, dengan bantal cerita ini akan membantu menguatkan cerita, kesan dan pesan yang ingin disampaikan orangtua.

Anak-anak juga bisa memainkan sendiri boneka jarinya dan bisa membuat cerita sendiri dengan memainkan peran bersama teman-temannya. Aktivitas ini dapat mengembangkan kemampuan berbahasa mereka. Cocok untuk usia 2 tahun ke atas. Dapat dicuci jika kotor.



Cara Bermain:
1. Siapkan bahan cerita yang akan didongengkan. Pilih setting cerita di waktu malam atau siang. Jika cerita tersebut malam hari gunakan background bantal dengan warna abu-abu.
2. Mulailah cerita dengan menyebut waktunya. Misalnya: "Pada suatu malam yang cerah, bulan dan bintang bersinar dengan terang..." Kalimat tersebut diucapkan sambil meletakkan bulan dan bintang di bantal. Demikian seterusnya sampai satu persatu binatang keluar.
3. Atau bisa memulai cerita dengan menyebutkan lokasinya. Misalnya: "Di sebuah hutan yang lebat..." Kalimat tersebut diucapkan sambil meletakkan potongan-potongan pohon dan semak-semak. Demikian seterusnya.
4. Anak juga dapat memainkan sendiri bantal cerita ini bersama teman-temannya. Berikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi membuat cerita sendiri dan memainkan binatang-binatang tersebut sekehendak hatinya.


MENJAHIT BAJU PLUS

Manfaat mainan:
Mainan ini dapat merangsang motorik halus anak. Saat menjahit, anak akan melihat, berpikir dan memahami bagaimana sebuah tali dapat masuk dan keluar memasuki lubang yang kecil. Selain itu dapat melatih tangan anak menjadi lentur. Tangan anak yang lentur sangat berguna saat anak mulai belajar menulis kelak. Mainan ini terdiri dari 4 permainan. Selain menjahit, anak dapat belajar memasang kancing, menarik resleting dan merekatkan ikat pinggang. Kesemua aktivitas dapat merangsang motorik halus. Cocok untuk usia 3 - 4 tahun.




Cara Bermain:
1. Tumpuk 2 lembar kain yang telah disediakan, dengan bagian yang ada resletingnya di bagian belakang dan bagian yang ada kancingnya di bagian depan.
2. Ambil tali yang sudah disediakan dan mulailah menjahit dengan memasukkan tali tersebut ke lubang-lubang yang tersedia sampai kedua kain tersebut menyatu dan berbentuk baju.
3. Dampingi dan ajari anak Anda karena untuk pertama kali mungkin anak masih canggung dan belum tahu cara yang benar memasukkan tali ke dalam lubang. Berilah contoh untuk satu kali putaran hingga anak mulai bisa sendiri.
4. Tantanglah anak untuk menjahit lebih cepat dan cepat lagi.
5. Selesai menjahit, cobalah minta anak Anda untuk memasang kancing, resleting dan ikat pinggang.
6. Setelah semua rapi, mintalah anak untuk melepas resleting, kancing dan ikat pinggang. Terakhir lepaskan tali hingga kedua kain menjadi terpisah kembali.


MERONCE BENTUK
Terdiri dari 15 buah aneka bentuk. Ukuran per buah 5 x 5 cm


 Manfaat mainan:
Selain merangsang motorik halus, saat meronce aneka bentuk anak dapat melatih untuk berpikir, memahami dan melihat bagaimana sebuah tali dapat masuk ke lubang yang kecil. Aktivitas ini dapat mengasah kesabaran anak mencari pemecahan masalah. Juga dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak. Cocok untuk usia 3 - 5 tahun.



Cara Bermain:
1. Tunjukkan pada anak bagaimana cara meronce yaitu memasukkan bentuk-bentuk tersebut ke dalam sebuah tali.
2. Minta anak untuk mencobanya dengan memasukkan bentuk-bentuk tersebut satu per satu.
3. Ajak anak untuk bersabar ketika menemui kesulitan saat meronce.


TANGRAM FLANEL SET


Manfaat mainan:
Mainan kuno dari daratan China ini dapat dimainkan oleh segala usia dan masih sangat populer hingga saat ini. Dari hanya 7 buah bentuk seperti segitiga dan kotak dapat dibuat ratusan bahkan ribuan bentuk seperti bentuk binatang atau manusia. Terbuat dari bahan kain flanel lapis dua sehingga menjadi tebal dan kaku namun tetap lembut dan aman untuk anak-anak. Dapat dicuci jika kotor. Aktivitas ini dapat mengasah kesabaran anak dalam mencari pemecahan masalah. Ukuran tangram dalam bentuk kotak: 10 x 10 cm. Disediakan gambar lebih dari 120 bentuk yang dapat dibuat dengan tangram ini. Tidak lupa disertakan juga kunci jawabannya untuk memudahkan. Jika sanggup, kreasikan juga bentuk-bentuk lainnya.



Disediakan lebih dari 120 gambar bentuk yang bisa dibuat beserta kunci jawabannya.
Contohnya sebagai berikut:

Cara Bermain:
1. Mainan ini disarankan dimainkan menggunakan flanel board / papan flanel yang dijual terpisah. Cara menggunakannya sangat mudah. Tempelkan potongan-potongan flanel set ini pada flanel board tanpa menggunakan lem atau perekat lainnya. Dan potongan flanel akan menempel dengan mudah. Mudah ditempel mudah pula dilepas oleh anak-anak.
2. Buatlah gambar bentuk yang disediakan dengan hanya menggunakan 7 buah potongan tangram. Kami menyediakan lebih dari 120 gambar bentuk sebagai soal yang harus dipecahkan.
3. Jika sudah menyerah, jangan khawatir, kami menyediakan kunci jawabannya.
4. Jika sanggup kreasikan juga bentuk-bentuk lainnya dan jadikan soal untuk dipecahkan bagi anak atau teman Anda.


COUNTING ICE CREAM FLANEL SET

Manfaat mainan:
Mainan ini dapat digunakan untuk mengenalkan angka 1-10 juga konsep berhitung pada anak dengan cara yang menyenangkan. Anak diminta mencocokkan antara angka yang tertera di cone ice cream dengan jumlah lingkaran coklat yang ada di ice cream. Mainan ini juga dapat melatih mencocokkan warna karena warna pada angka di cone dengan warna ice cream sama. Kemampuan mengenal angka dan warna sangat dibutuhkan anak saat ia masuk sekolah kelak.Terbuat dari bahan kain flanel lapis dua sehingga menjadi tebal dan kaku namun tetap lembut dan aman untuk anak-anak. Dapat dicuci jika kotor. Ukuran per ice cream cone 7,5 x 14 cm. Cocok untuk anak 2-4 tahun.



Cara Bermain:
1. Mainan ini disarankan dimainkan menggunakan flanel board / papan flanel yang dijual terpisah. Cara menggunakannya sangat mudah. Tempelkan potongan-potongan flanel set ini pada flanel board tanpa menggunakan lem atau perekat lainnya. Dan potongan flanel akan menempel dengan mudah. Mudah ditempel mudah pula dilepas oleh anak-anak.
2. Gunakan mainan ini untuk belajar konsep berhitung 1 - 10. Caranya, tempelkan terlebih dahulu cone ice cream, lalu minta anak mencari pasangannya. Angka yang tertera pada cone harus sama dengan jumlah lingkaran coklat yang ada pada pasangannya. Hitunglah jumlahnya bersama-sama dengan si anak.
3. Permainannya bisa juga dibalik, yaitu pasangkan potongan ice creamnya dan minta anak mencarikan cone yang tepat.
4. Jika anak belum bisa berhitung, bisa juga mencari pasangannya dengan mencocokkan warna. Karena warna angka pada cone sama dengan warna ice cream pada pasangannya. Perkenalkanlah nama-nama warnanya pada anak.


COLOR TOWER BUNDAR

Manfaat mainan:
Permainan ini dapat mengenalkan warna pada anak-anak. Selain itu dapat melatih kemampuan klasifikasi dengan meletakkan lingkaran-lingkaran dari mulai yang paling besar sampai yang paling kecil. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Untuk usia 1-4 tahun.



Cara Bermain:
1. Mintalah anak untuk menyusun lingkaran-lingkaran tersebut mulai dari yang paling besar hingga yang kecil. Bersabarlah, jangan langsung dibantu, karena tidak mudah bagi anak untuk menyusun dengan urutan yang benar.
2. Jika sudah mahir, permainan ini bisa dibalik. Mintalah anak untuk menyusun lingkaran-lingkaran mulai dari yang kecil hingga yang besar.
3. Karena lingkaran-lingkaran ini berwarna-warni maka mintalah anak menyebut lingkaran warna apa yang sedang ia pegang. Mungkin anak masih sering salah menyebut warna, tapi tidak apa-apa, beritahukan langsung warna yang benar.


COLOR TOWER KOTAK

Manfaat mainan:
Permainan ini dapat mengenalkan warna pada anak-anak. Selain itu dapat melatih kemampuan klasifikasi dengan meletakkan kotak-kotak dari mulai yang paling besar sampai yang paling kecil. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Untuk usia 1-4 tahun.



Cara Bermain:
1. Mintalah anak untuk menyusun kotak-kotak tersebut mulai dari yang paling besar hingga yang kecil. Bersabarlah, jangan langsung dibantu, karena tidak mudah bagi anak untuk menyusun dengan urutan yang benar.
2. Jika sudah mahir, permainan ini bisa dibalik. Mintalah anak untuk menyusun kotak-kotak mulai dari yang kecil hingga yang besar.
3. Karena kotak ini berwarna-warni maka mintalah anak menyebut kotak warna apa yang sedang ia pegang. Mungkin anak masih sering salah menyebut warna, tapi tidak apa-apa, beritahukan langsung warna yang benar.


MAZE

Manfaat mainan:
Mainan ini melatih kemampuan klasifikasi. Anak diminta mengumpulkan bentuk dengan warna yang sama di satu tempat. Misalnya kuning dengan kuning, hijau dengan hijau dan seterusnya. Anak menjadi tertantang karena harus melewati alur-alur yang kadang untuk menemukan warna yang sama harus bisa melewati warna lain yang tidak sama. Motorik tangan dan alur berpikir logisnya pun dapat terlatih. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Untuk anak 2-4 tahun.



Cara Bermain:
1. Mintalah anak untuk mengumpulkan bentuk segitiga ke pojok tertentu. Tentunya tidak mudah bagi si anak karena ketika memindahkan bentuk segitiga pasti bertemu dengan bentuk lainnya seperti lingkaran atau kotak. Anak harus menyingkirkan dulu bentuk selain segitiga untuk memudahkan jalan bentuk segitiga ke tempat yang Anda minta.
2. Setelah berhasil cobalah dengan bentuk lainnya.
3. Sebagai orangtua pendamping, Anda juga bisa bergantian memainkan permainan ini dengan anak Anda. Mintalah anak untuk memberi perintah ke mana dan bentuk/warna apa yang harus dipindahkan. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak cepat bosan.


CLOWN STACKING BALANCE  

Manfaat mainan:
Mainan ini mengenalkan kepada anak konsep berat ringan. Selain itu dapat melatih kemampuan klasifikasi. Untuk anak 2-4 tahun. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak.



Cara Bermain:
1. Mintalah anak untuk menyusun badut dengan benar. Tentunya setelah dicontohkan terlebih dahulu.
2. Kemudian acak lagi dan minta anak untuk menyusun kembali keempat badut tersebut.
3. Setelah anak mahir, mulailah perkenalkan konsep berat-ringan pada anak. Tunjukkan caranya, misalnya dengan mengambil kepala badut di sebelah kiri, maka timbangan akan miring dengan berat ke kanan. Ambil juga kepala badut di sebelah kanan, maka timbangan akan kembali seimbang. Demikian seterusnya, menjelaskan sambil memperagakan.
4. Selanjutnya, biarkan anak mencoba sendiri.


PUZZLE GEOMETRI

Manfaat mainan:
Mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan bentuk-bentuk dasar kepada anak-anak. Selain itu anak dapat melatih kemampuan berpikir logisnya untuk meletakkan benda di tempat yang tepat sesuai dengan bentuk yang ada. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Untuk anak 2-4 tahun.



Cara Bermain:
1. Mintalah anak untuk melepaskan kepingan puzzle dari papannya kemudian mintalah untuk memasangkan kembali ke tempat yang tepat.
2. Selanjutnya mulailah Anda memperkenalkan nama-nama bentuk kepingan tersebut.
3. Jika sudah mengenal nama bentuk kepingan puzzle tersebut, Anda bisa meminta anak memasangkan keping berdasarkan bentuk yang Anda sebutkan.
4. Hal yang sama lakukan juga untuk pengenalan warna.


PUZZLE PECAHAN GEOMETRI

Manfaat mainan:
Mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan bentuk-bentuk dasar dan pecahan kepada anak-anak. Selain itu anak dapat melatih kemampuan berpikir logisnya untuk meletakkan benda di tempat yang tepat sesuai dengan bentuk yang ada. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Untuk anak 2-5 tahun.



Cara Bermain:
1. Lepaskan kepingan puzzle dari papannya. Kemudian mintalah anak memasangnya kembali.
2. Tantanglah anak untuk melakukannya lebih cepat dan lebih cepat lagi. Bila perlu gunakan stopwatch.


ANEKA PUZZLE  


Manfaat mainan:
Selain merangsang motorik halus saat menyusun potongan gambar, permainan ini juga melatih anak berpikir, yakni mulai melihat potongan bentuk, memahami bentuknya, dan berupaya menata kembali bentuk tersebut setelah diacak-acak. Aktivitas ini juga mengasah kesabaran anak dalam mencari pemecahan masalah. Untuk anak 3-5 tahun. Dibuat menggunakan cat non toxic yang aman untuk anak-anak.

PUZZLE ULAT


PUZZLE IKAN


PUZZLE MASJID


PUZZLE RUMAH


PUZZLE KERETA


PUZZLE ALPHABET IKAN


PUZZLE ALPHABET KURA-KURA


PUZZLE ALPHABET MERAK


PUZZLE HIJAIYAH



Cara Bermain:
1. Lepaskan kepingan puzzle dari papannya. Kemudian Anda acak dan mintalah anak memasangnya kembali.
2. Tantanglah anak untuk melakukannya lebih cepat dan lebih cepat lagi. Bila perlu gunakan stopwatch.  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar